Membuat Mainan Rumah Dari Karus Bekas

Bermain bersama anak disaat liburan sekolah ataupun hanya di hari sabtu minggu mrupakan waktu yang sangat menyenangkan dan berharga karena tidak semua orang bisa merasakanya. Apalagi bermain dengan permainan yang bersifat kreatif. Selain melatih kreatifiktas anak juga akan melatih motorik mereka.



Banyak permainan yang bisa di buat untuk mengembangkan kreatifitas anak tanpa harus sering-sering mengajak mereka pergi ke Mall. Biasanya para orang tua di hari libur suka mengajak anaknya ke mall untuk bermain di playground, Tetapi kebiasaan seperti  itu membuat kebiasaan yang kurang baik karena dengan sering mengajak anak ke mall akan membuat mereka secara tidak langsung menjadi konsumtif. Tapi jika di lakukan 1 bulan sekali sepertinya masih cukup wajar.



Permainan apa ya yang bisa membangkitkan kreatifitas anak. Untuk kita para orang tua bisa coba memanfaatkan barang sekitar yang ada di rumah, salah satu di antaranya kardus bekas, Kenapa kardus bekas, selain mudah di dapat bahan kardus juga mudah di olah. Dan pada kesempatan kali ini kita akan coba membuat kerajinan tangan dengan memanfaatkan kardus bekas. 



Pada artikel kali ini kita akan coba membuat Rumah kardus untuk anak yang mudah. Dengan memanfaatkan kardus bekas secara tidak langsung kita sebagai orang tua mengajarkan anak untuk bisa memanfaatkan barang bekas menjadi suatu yang bermanfaat.
Apa saja alat dan bahan yang di butuhkan untuk membuat kerajinan rumah kardus ini :


  1. Kardus Bekas Kulkas, TV atau kardus besar lainya.
  2. Cutter dan Gunting
  3. Penggaris
  4. Lem Kertas (Fox/ UHU)
  5. Cat atau Spidol
  6. Solatip atau Lakban
  7. Lem Tembak atau Glue Stick jika ada


Langkah pertama setelah bahan dan alat siap adalah membuat pola sesuai rumah-rumahan yang akan di buat. Jangan lupa sesuaikan ukuran kardus yang akan di buat dengan tinggi anak, jika anda memiliki kardus tinggi, seperti kardus bekas kulkas ukurlah berdasarkan posisi berdiri anak namun jika kardus yang ada terbatas ukurlah posisi anak dalam keadaan duduk. Hal ini di perlukan agar rumah kardus nanti tidak kekecilan untuk mereka.



Potonglah sesuai pola yang sudah anda buat. Buatlah potongan-potongan berbentuk genteng agar rumahnya lebih terlihat menyerupai rumah sesungguhnya. Jangan lupa membuat jendela pada sisi-sisi rumah. Potonglah sesuai dengan bentuk jendela yang mau anda buat bisa Kotak, ataupun Bulat. Bagian jendela lebih baik tidak terbuka namun manfaatkan potongan bekas lubang jendela menjadi daun pintu jendela yang bisa di buka dan di tutup.



Jika bagian dinding dan jendela rumah selesai di buat, proses selanjutnya adalah membuat lubang pintu dan pintunya sendiri. Gunakan lah lem dan solatip untuk menempelkan daun pintu dan gagang pintunya



Proses selanjutnya setelah pintu, anda harus membuat atapnya, bisa dengan berbentuk datar atau dengan potongan-potongan kardus yang sudah di buat menyerupai genteng. Bahkan bisa di tambahkan dengan membuat seperti cerobong asap.

Agar rumah-rumahan lebih kokoh dan kuat rekatkan setiap sudut dengan lem dan solatip ya.
Untuk hasil yang lebih baik anda bisa menghias rumah-rumahannya dengan mengecatnya atau melukisnya, Bisa juga dengan menambahkan aksesoris lain yang bisa anda buat dari Origami atau benda lainya agar rumah yang sudah jadi semakin cantik. Agar lebih manis dan nyata pada bagian sisi kardus bisa anda lukis berbentuk tumpukan batu bata atau tanaman.



Lingkungan sekitar rumah bisa anda tambahkan juga pohon-pohonan dan pagar yang mengelilingi rumah. Jika masih ada sisa kardus bekas anda bisa manfaatkan untuk membuat sebuah rumah hewan bisa kelinci, Anjing atau kucing.












Membuat Miniatur Rumah Dari Kardus Bekas

Jika di atas anda sudah berhasil membuat rumah untuka anak-anak, Untuk selanjutnya kita akan coba membuat miniatur rumah . Miniatur rumah adalah sebuah model berbentuk rumah, Tapi ukuranya minimalis nah biasanya dipakai sebagai media untuk pemasaran rumah KPR pada pameran, Bisa juga di gunakan untuk membuat rumah hewan seperti kucing, dan menjadi mainan rumah-rumahan barbie jika anda mempunyai anak perempuan. Bahkan tidak jarang juga anak di berikan tugas membuat miniatur rumah menjadi pekerjaan atau tugas dari sekolah. 

Di bawah ini kita akan mengulas langkah dan proses membuat miniatur rumah berbahan kardus bekas. Bahan kardus sendiri adalah bahan yang cukup murah serta gampang didapatkan. Dibanding kita buang kardus bekas ke tempat sampah, alangkah baiknya kita gunakan menjadi barang yang lebih bermanfaat. 

Langkah Membuat Miniatur Rumah dari Kardus 

Dalam membuat miniatur rumah, kunci kesuksesan yang perlu kita aplikasikan yaitu dengan memberikan ukuran dengen tepat sesuai kenyataan mengenai bagaimana model rumah yang akan anda buat atau bisa juga mengambil dari design rumah yang kita kuasai atau kita ketahui. 
Langkah membuat kerajinan miniatur rumah dari kardus yang akan saya bahas di bawah ini sengaja saya lampirkan bersama dengan gambarnya agar anda cukup mudah mencoba membuatnya. Ditambah dengan langkah pengerjaan yang lengkap. Jadi anda jangan khawatir tidak bisa membuatnya, sebab baik bahan serta perlengkapan cukup mudah kita temukan di sekitar lingkungan rumah kita. 

Mempersiapkan Alat serta Bahan Pembuatan Miniatur Rumah 

Carilah kardus yang tidak terpakai di sekeliling anda, atau anda dapat membelinya di warung kelontong yang biasanya sering mereka kumpulkan dari sisa pembelian beberapa kebutuhan pokok.  
Pisau cutter. Pilih pisau cutter yang anda gunakan harus betul-betul tajam, supaya hasil potongan yang dihasilkannya rapi. 

Jika kalian memiliki penggaris pakailah untuk membantu membuat pola atau cetakan

Pensil atau pulpen, Tapi bila anda belum terbiasa, saya anjurkan untuk menggunakan pensil saja supaya lebih mudah dihapus bila pola atau garis yang di buat salah. 

Pilih penghapus yang kwalitasnya bagus. 

Plastik transparan, Bahan ini opsional, sebab kelak akan kita pakai menjadi penutup jendela rumah. 

Lem Kayu atau lem kastol.

Nah, sesudah mempersiapkan semua perlengkapan serta bahan pembuatan yang tercantum diatas. Kita teruskan pada proses pemembuatnya di bawah ini : 

Persiapan Design Miniatur Rumah 

Pertama, kita akan membuat skema miniatur rumah dari kardus yang akan kita buat. Bila anda merasa bingung, Anda dapat mencontoh denah rumah yang kamu tempati saat ini atau dapat juga mencontoh gambar berikut ini. Kalian dapat juga mencari denah rumah di internet untuk rujukan denahnya. 



Sesudah memperoleh design tempat tinggalnya. Selanjutnya kita menggambar design yang sudah kita miliki itu pada papan kardus. Pastikan gambar ditempatkan di dalam sisi kardus. Pastikan juga ukuran panjang serta lebar di tiap-tiap ruang perbandingannya sama agar lebih mudah saat dalam proses pemasangan sisi lainnya. 

Pembuatan Dinding Miniatur Rumah 

Saat ini kita beralih ke proses pembuatan dinding miniatur rumah. Tetapkan ukuran panjangnya kemudian potong kardus pada setiap dinding sesuai dengan gambar pada pola. 
Kemudian untuk tinggi dinding, Pastikan ukuran setiap dindingnya sama, agar Saat proses penggabungan dinding tingginya sama tidak menimbulkan kesan timplang antara sisi dinding
Saat memotong kardus, bagian dinding rumah jangan lupa selalu memakai pisau cutter anda yang tajam. Tujunya agar hasil potongan lebih rapih…Gunakan bantuan penggaris saat memotong agar 
potongannya lurus dan rapih. 

Sesudah bahan yang akan di gunakan menjadi dinding rumah miniatur selesai dipotong, saat ini kita akan menyambung semua sisi itu menjadi satu bagian utuh, tapi baru hanya untuk dindingnya saja. Pakailah lem kayu yang telah anda siapkan kemudian oleskan pada tiap-tiap sudut kardus yang akan disatukan. 

Janganlah lupa selalu untuk memerhatikan ketelitian dan kerapihan. Sebab dengan pemasangan yang benar dan rapi, akan memberi keseimbangan antar ruang yang dibuat nanti. 

Pembuatan Jendela dan Pintu 

Sesudah sisi dinding semua terekat dengan baik, kita lanjut ke pembuatan jendela serta pintu untuk miniatur rumah. Dalam proses pembuatan ini sebetulnya cukup sulit untuk dikerjakan, terlebih untuk para pemula. Akan tetapi jangan cemas, coba anda buat dengan perlahan dan buat dengan teliti agar hasilnya akan bagus.

Untuk jendela, silakan potong plastik transparan yang sudah disiapkan. Cocokkan ukuran plastik dengan jendela yang ada di dinding kardus miniatur rumah yang sudah di buat. Sesudah itu, rekatkan plastik pada jendela yang ada dengan berhati-hati. Dengan pemasangan plastik ini, dampak kaca untuk rumah akan tampak lebih nyata.

pinterst


Selanjutnya ke pemasangan pintu untuk miniatur rumah. Silahkan anda potong kardus yang tersisa, sesuaikan dengan ukuran pintu di miniatur yang anda buat. Berikan lem kayu pada tepian kardus pada pintu, tapi cukup pada satu bagian saja. Supaya masih terlihat seperti pintu yang dapat di buka dan ditutup. 

Proses Pembuatan Atap Miniatur Rumah 

Saat ini kita ke arah ke proses pembuatan atap miniatur rumah. Menurut saya, ini ialah proses yang termudah untuk dikerjakan, bahkan oleh kita yang masih pemula. Anda tinggal menggunakan sisi dalam kardus menjadi atap luar, bila kita lihat di kertas kardus yang tebal, di dalamnya ada sisi yang bergerigi. Kalian dapat memakai itu menjadi tampak genting menjadi lebih nyata. Atau bila anda kesulitan, kalian dapat memberikan kertas tipis yang dilipat-lipat kecil lantas ditempelkan pada susunan atap rumah dari kardus tadi.Jadilah atap dengan tampilan genting yang menyerupai aslinya. 

rafaelpardoalmudi.com


Satu hal yang perlu anda ingat. Untuk pembuatan sisi atap ini, buatlah atap yang masih dapat di buka tutup kapanpun kita ingin alias tidak permanen. Tak perlu dilekatkan pada dinding rumah yang sudah kita buat. 

Proses Akhir Pembuatan Miniatur Rumah 

Oke, sampai di sini kita sudah membuat suatu karya seni rupa tiga dimensi sederhana berbentuk miniatur rumah berbahan kardus bekas. Tapi proses ini belum selesai sampai di sini. Bila ingin tampil lebih menarik lagi, kalian dapat memberikan dekorasi serta aksesoris tambahan untuk miniatur rumah anda. 

Disinilah manfaat memiliki atap yang tidak permanen dari miniatur rumah minimalis. Kita dapat memberikan aksesori penambahan seperti kursi, meja, tempat tidur, dan sebagainya ke miniatur rumah kapanpun kita inginkan. 

pinterst


Dan tidak hanya di miniatur rumah saja, anda juga dapat memberikan beberapa aksesoris pelengkap sebuah rumah pada sekililng miniatur rumah agar lebih indah dilihat dan mirip dengan aslinya.

Bagaimana cukup mudah bukan untuk membuatnya, memang selain bahan dan alat-alat tetap di butuhkan ada tekad yang kuat untuk membuatnya, karena biasanya pada hari libur orang tua hanya mau beristirahat saja, tapi jika kita seperti itu waktu interaksi bersama anak-anak akan semakin berkurang bagaimana tidak karena mulai dari hari senin-jumat biasanya para orang tua selalu sibuk dengan pekerjaan kantor dan saat sampai di rumah hanya sisa-sisa tenaga yang di gunakan untuk bermain bersama mereka. Yuks kumpulkan tekad dan semangat untuk selalu bermain bersama anak, bahagiakan mereka karena disaat besar nanti akan berbeda lagi cara berinterkasinya.
 


0 Response to "Membuat Mainan Rumah Dari Karus Bekas"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel