Kerajinan dari Kain Perca Kerajinan Barang Bekas dari Kain

Mengenal Kerajinan Tangan Sebelum Membuat Kerajinan Tangan Dari Kain Perca

Sebelum mengetahui apa itu kain perca dan bagaimana cara membuat kerajinan tangan dari kain perca batik misalnya, maka kita perlu tahu dulu apa itu kerajinan tangan.


kerajinan tangan dari kain perca


Definisi Kerajinan dari Kain Perca

Kerajinan tangan adalah salah satu karya seni yang dibuat dengan pengetahuan seni rupa baik 3 dimensi ataupun 2 dimensi. Beberapa jenis kerajinan tangan bisa didapati dengan mudah di beberapa tempat. Salah satu jenis kerajinan tangan terutama kerajinan barang bekas, yaitu kerajinan dari kain perca. 

Kerajinan tangan merupakan salah satu contoh seni rupa terapan yang bisa mempunyai beragam jenis manfaat, tidak hanya manfaat keindahan di dalamnya. Dalam perubahannya sekarang ini, kerajinan tangan bisa dibuat dari beragam bahan baku, diantaranya ialah kerajinan tangan yang berbahan baku dari kain perca. 

Kenapa kerajinan dari kain perca ini disebut sebagai kerajinan barang bekas ? Apakah anda masih tertarik untuk melanjutkan membaca kerajinan barang bekas yang berbahan kain perca ini ?

Apakah yang Dimaksud Kain Perca ?

Kain perca adalah kain yang didapat dari bekas/sisa guntingan kain besar pada proses pembuatan baju, kerajinan, serta beberapa produk tekstil yang lain. Kerajinan tangan kain perca bisa dibikin dengan menggunakan beberapa bahan kain salah satunya adalah : 

  1. Kain Perca Wool,  bekas atau sisa guntingan kain tebal serta lembut yang sudah biasa diketahui dan digunakan untuk pembuatan baju hangat. 
  2. Kain Perca Luca, bekas atau sisa guntingan kain yang mempunyai struktur ciri khas elastis serta lembut. 
  3. Kain Perca Akrilit, bekas atau sisa guntingan kain yang terbuat dari plastik serta biasa dipakai untuk baju. 
  4. Kain Perca Chiffon, bekas atau sisa guntingan kain mudah berbahan basic sutra, katun, serta fiber sintesis. 
  5. Kain Perca Ceruti, bekas atau sisa guntingan kain yang memiliki keserupaan dengan kain chiffon. 
  6. Kain Perca Katun, bekas atau sisa guntingan kain yang memiliki bahan basic kapas dengan proses rajutan. 
  7. Kain Perca Flanel, bekas atau sisa guntingan kain yang memiliki bahan basic serat wol yang tidak di tenun, 
  8. Kain Perca Satin, bekas atau sisa guntingan kain dengan permukaan mengkilap serta licin akan tetapi sisi belakannya suram. 
  9. Kain Perca Denim, bekas atau sisa guntingan kain yang biasa dipakai untuk bahan pembuatan jeans. 
  10. Kain Perca Rayon, bekas atau sisa guntingan kain yang terlihat bercahaya serta tidak gampang kusut. 
  11. Kain Perca Sutra, bekas atau sisa guntingan kain yang cukup mudah dengan struktur lembut. 
  12. Kain Perca Polyester, bekas atau sisa guntingan kain yang mirip dengan sutra akan tetapi memiliki bahan basic sintesis. 
  13. Kain Perca Blacu, bekas atau sisa guntingan kain yang memiliki bahan basic dari kapas serta mempunyai karakter fleksibel. 


Baca Juga : Yuk Intip Cara  Membuat Mainan Rumah Anak dari Kardus


Selain jenis kain perca di atas, kita bisa juga membuat kerajinan barang bekas dari kain perca batik, kain perca polosan, ataupun kain perca dengan motif-motif gambar tertentu.

Beberapa type kain di atas bisa dipakai untuk membuat kerajinan tangan kain perca. Sebab kain – kain itu adalah kain bekas jadi dalam membuat kerajinan tangan dari kain perca bisa memakai satu atau lebih type kain. Contohnya, misal anda coba mempelajari cara membuat kerajinan tangan kain perca batik yang merupakan campuran kain berbahan katun dan berbahan satin.

Kerajinan tangan dari kain perca adalah salah satu contoh karya seni rupa terapan 3 dimensi. Dalam proses untuk membuahkan karya dari kerajinan tangan yang memiliki bahan basic kain perca, dibutuhkan beberapa tehnik menjahit kain perca salah satunya : 

  • Tehnik Patchwok, proses yang dikerjakan dalam tehnik ini pada prinsipnya yaitu dengan menjahit kain perca sesuai dengan potongannya, sehingga untuk memakai tehnik ini yang anda butuhkan hanya belajar menjahit dengan lurus. Pada umumnya tehnik ini dikerjakan dengan menyambung tiap-tiap potongan kain perca dengan jahitan hingga nanti bisa membuat motif motif spesifik dalam lembar kain kombinasi beberapa kain perca yang nanti diolah kembali untuk membuahkan kerajinan tangan dari kain perca. 
  • Tehnik Applique, tehnik ini mempunyai tehnik yang berbeda dengan patchwok, pada prinsipnya tehnik applique ialah proses membuat motif dari kain perca yang ditempelkan pada kain yang masih dalam bentuk utuh. Kain perca dalam tehnik ini cuma bertindak selaku hiasan pada suatu latar belakang kain yang utuh. Tehnik ini bisa dipakai untuk hiasan pada barang-barang yang memiliki bahan basic kain. 
  • Tehnik Quilting, tehnik ini mempunyai prinsip untuk memberikan seuatu yang berbentuk busa atau sejenisnya pada kain perca yang telah dijahit. Hasil karya dari kerajinan tangan menggunkan kain perca dengan tehnik quilting ini akan membuahkan satu benda yang mempunyai bentuk yang tebal dan berupa tiga dimensi. Dikarenakan memiliki bentuk, kerajinan dari kain perca dengan tehnik ini bisa termasuk juga dalam karya seni rupa tiga dimensi. Tidak hanya busa, bahan lainnya yang seringkali serta familiar bisa dipakai untuk mengisi ruangan di dalam kain perca ialah dakron. 


Ke-3 tehnik di atas ini bisa diaplikasikan secara langsung bertepatan ataupun terpisah pada beberapa jenis bahan kain perca yang ada. Untuk tahu beberapa contoh kerajinan tangan yang memiliki bahan dasar kain perca, di bawah artikel ini anda akan melihat contoh jenis ragam kerajinan tangan dari kain perca.

Peluang Usaha Kerajinan Tangan Dari Kain Perca

Buat beberapa pebisnis konveksi, mungkin kain perca cuma dipandang seperti sisi dari sampah yang tidak mempunyai nilai ekonomi. Akan tetapi, lain halnya buat beberapa pebisnis kreatif dari bahan baku yang bisa di daur ulang. 

Sebagaimana informasi yang ragam kerajinan tangan dapatkan dari situs bisnisukm. Pemanfaatan kain perca menjadi bahan baku penting pembuatan bermacam kerajinan tangan nyatanya dapat menjadi salah satu kesempatan usaha yang begitu menguntungkan. 

Dari kain bekas jahitan yang pada awalnya tidak berharga, dapat dikreasikan jadi beberapa jenis produk kerajinan tangan dari kain perca yang mempunyai manfaat serta harga jual cukup tinggi. Contohnya saja seperti bed cover, sarung bantal ataupun sprei, taplak meja, boneka, keset, serbet, kotak pensil, tas, dompet handpone, dan lain-lain. 

Target Customer Kerajinan Tangan Dari Kain Perca

Dengan menghasilkan bermacam jenis produk kerajinan dari kain perca, tentu saja Anda dapat mengincar market share yang cukup luas. Sebutlah saja produk keperluan rumah tangga seperti bed cover, keset, sprei, dan sebagainya dapat Anda pasarkan untuk kelompok ibu-ibu. 

Sedang untuk produk boneka, tas, kotak pensil, serta dompet handpone, dapat Anda tujukan untuk customer anak-anak ataupun golongan remaja para millenial jaman now. 

Informasi Usaha Untuk Memulai Kerajinan Tangaan dari Kain Perca

Untuk mengawali usaha kerajinan kain perca, ada banyak persiapan yang perlu Anda lihat. 
  1. Pertama-tama tetapkan inspirasi serta design produk yang akan Anda produksi. Cocokkan design yang Anda bikin dengan tujuan pasar yang ingin Anda incar. Perumpamaannya saja design warna-warni cerah untuk customer anak-anak serta remaja, sedang untuk customer ibu-ibu dapat pilih design yang lebih sederhana dengan warna yang lebih tenang. 
  2. Perluas pengetahuan serta potensi Anda dengan membaca buku-buku kreasi kain perca ataupun searching model-model baru dari internet. Langkah ini cukuplah penting supaya produk Anda tidak ketinggalan jaman, dan bisa bersaing di pasaran millenial jaman now. 
  3. Persiapkan perlengkapan serta peralatan yang diperlukan saat proses produksi berjalan. Mulai dari mesin jahit, jarum, gunting, benang, dan lain-lain. 
  4. Jalin kerja sama dengan penyuplai kain perca. Bisa jadi Anda memperoleh kain perca dari tukang jahit di seputar kota Anda, atau dari beberapa toko kain yang mempunyai bekas potongan kain cukup banyak.


Contoh Kerajinan Tangan Barang Bekas Dari Kain Perca

Berikut ini beberapa gambar kerajinan dari kain perca dengan sumber image dari pinterest.

kerajinan dari kain perca kerajinan barang bekas


kerajinan dari kain perca kerajinan barang bekas


kerajinan dari kain perca kerajinan barang bekas


kerajinan dari kain perca kerajinan barang bekas


kerajinan dari kain perca kerajinan barang bekas


kerajinan dari kain perca kerajinan barang bekas


kerajinan dari kain perca kerajinan barang bekas


kerajinan dari kain perca kerajinan barang bekas


kerajinan dari kain perca kerajinan barang bekas


kerajinan dari kain perca kerajinan barang bekas



Baca Juga :  Membuat Mainan Dapur, Apakah Cocok untuk Anak Anda ?


Kesimpulan :


Bagaimana menurut sobat pembaca ragam kerajinan tangan, apakah salah satu atau beberapa hasil kerajinan tangan dari kain perca di atas ada yang menarik perhatian sobat pembaca sekalian?

Semoga tulisan ini bermanfaat, sobat bisa men-share artikel ini jika berkenan dan memang memiliki manfaat yang nyata dalam membuka peluang usaha bagi masyarakat.

Jika Anda mempunyai rujukan lainnya, janganlah ragu untuk membagikannya lewat kotak kometar di bagian bawah halaman ini. Silahkan click Subscribe pada kolom yang ada untuk memperoleh artikel paling baru kami langsung di inbox e-mail Anda.



Refferensi :
bisnisukm.com, blog.hobbycraft.co.uk
#kainperca, #kerajinandarikainperca, #kerajinanbarangbekas, #kainpercaadalah, #jualkainperca, #hiasandindingdarikainperca, #kainpercabatik, #kainpercapolos, #caramembuatkerajinantangandarikainpercabatik.

0 Response to "Kerajinan dari Kain Perca Kerajinan Barang Bekas dari Kain"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel