Cara Mudah Membuat Mainan Dapur dari Kardus Bekas

Cara Mudah Membuat Mainan Dapur dari Kardus Bekas
Daftar Isi Artikel
Hai…Ketemu lagi di blog ragamkerajinantangan.com..Pada Artikel sebelumnya kita sudah mencoba  membuat sebuah kerajinan tangan dari kardus bekas berbentuk rumah-rumahan untuk anak. Pada kesempatan kali ini agar mainan dari kardus bekas lebih lengkap, kita juga akan mencoba memanfaatkan kardus bekas untuk membuat bentuk lainnya. Bentuk yang akan kita buat kali ini adalah beberapa perabotan dapur seperti Kulkas, Kompor,Microwave bahkan sampai kitchenset…

Kenapa kita rela repot-repot membuat mainan untuk anak, padahal bisa saja dengan membelinya di mall atau di toko mainan dengan bentuk dan model yang lebih bagus dari pada buatan tangan. Dengan membuat mainan bersama anak-anak kita akan menciptakan kratifitas dan interaksi dengan mereka. Kita minta bantuan anak-anak untuk terlibat dalam proses pembuatannya, berikan juga anak-anak kesempatan untuk memberikan ide mainan apa yang akan di buat atau bentuk apa yang mereka sukai. Dengan membuat mainan bersama anak-anak, mereka secara tidak langsung akan memiliki rasa untuk menjaga dan merawat mainan yang sudah mereka buat.

Peralatan dan bahan utama masih sama seperti membuat rumah-rumahan anak dari kardus bekas :

Kardus Bekas Kulkas, TV atau kardus bekas barang elektronik. Kenapa memilih kardus bekas elektronik, karena kardus ini lebih tebal dan lebih kuat di bandingkan kardus lain. Sehingga umur mainan anak-anak yang anda buat lebih awet dan kokoh saat di mainkan.

  1. Kardus Bekas
  2. Cutter dan Gunting
  3. Penggaris
  4. Lem Kertas (Fox/ UHU)
  5. Cat atau Spidol
  6. Solatip atau Lakban
  7. Lem Tembak atau Glue Stick jika ada


Membuat Kompor listrik dan Wastafel dari kardus bekas

Langkah pertama, buatlah pola atau bentuk yang akan kita buat dan sesuaikan ukuranya dengan anak-anak agar mereka nyaman saat memainkannya.

Beri lubang pada bagian depan kompor yang nantinya akan di gunakan sebagai pintu masuk dan keluarnya masakan, berikan lubang kecil seukuran tangan anak-anak untuk memudahkan mereka membuka dan menutup pintu kompor.

Sumber liagriffith.com

Tambahkan aksesoris berbentuk kaitan seperti pada gambar yang bisa berfungsi untuk menggantung mainan lainya seperti panci dan wajan mainan. Jika sudah tambahkan juga bulatan berbentuk bola agar kompor lebih terlihat nyata dan bagian tengahnya di lubangi di baut longgar agar bisa di putar-putar.
Pada bagian atas kompor…buatlah lingkaran dengan karton hitam, gunakan bantuan jangka untuk membuat lingkaran lebih rapih. Jika tidak ada anda dan cara lebih prktisnya anda bisa menggunakan kepingan DVD bekas dan menempelkanya pada bagian atas kompor

Proses akhir adalalah menguatkan setiap sisi kardus dengan bantuan solatip atau lakban, dan jadi deh sebuah kompor dari bahan kardus bekas.

Membuat Wastafel atau tempat mencuci tangan dari kardus bekas

Seperti biasa selalu buat pola dahulu sebelum memulai mengerjakan…Potong sesuai ukuran agar hasilnya presisi. Kemudian potonglah kardus sesuai dengan polanya. Ukuran bagian dasar wastafel di buat sama seperti ukuran kompor di atas di sesuaikan dengan tinggi anak-anak. Ada penambahan bahan untuk membuat wastafel di antaranya adalah Pipa dan mangkuk besar, jika ada gunakanlan mangkuk berbahan alumunium agar lebih menyerupai bentuk wastafel aslinya..

Sumber liagriffith.com


Pada bagian depan buat juga lubang besar dengan cara membelahnya menjadi dua bagian agar bisa di buka dari sisi kanan, kiri atau keduanya. Tambahkan juga lubang seukuran tangan anak-anak untuk memudahkan meraka membukanya.

Pada bagian sisi kanan atau kiri tambahkan pipa yang fungsinya untuk menaruh kain, Jika potongan sudah sesuai pola, langkah selanjutnya adalah menggabungkan dan merekatkan setiap sisi kardus dengan selitop atau lakban. 

Membuat Microwave dari Kardus Bekas

Perlengkapan dapur selanjutnya adalah membuat microwave.

Mengapa membuat mainan microwave, karena Selain kompor sering kali kita juga menggunakan alat canggih ini, hanya dengan memasukan makanan dan menunggu beberapa menit sudah siap saji, tapi kalau saya sendiri lebih sering menggunakanya untuk memanaskan makanan.


Anak-anak juga akan coba menggunakanya selayaknya orang dewasa. Apakah Sulit membuat mainan microwave ini, agar lebih mudah anda dapat membuat pola menyerupai ukuran pada referensi gambar di bawah. Sesuaikan polanya seperti pembuka pintu microwave dan tuas untuk mengatur waktu microwave.

Sumber global.rakuter.com

Membuat Kulkas Dari Kardus Bekas

Kurang lengkap rasanya jika setelah kompor dan wastafel, tapi di dapur tidak ada kulkas. Yuk lanjut sebagai pelengkap kita coba membuat sebuah kulkas, yang kita akan coba buat adalah bukan kulkas 1 pintu tapi kulkas 2 pintu.

Seperi biasa buat pola dan ukuran yang di sesuaikan dengan tinggi anak-anak. 
Buat 2 model kardus, pertama berbentuk agak tinggi untuk kulkas pintu pertama dan kedua berbentuk persegi panjang untuk pintu kedua yang biasanya pada kulkas asli di gunakan sebagai freezer.




Pada kulkas pintu pertama di bagian dalamnya berikan sekat atau partisi seperti pada kulkas aslinya, di buat bersusun bertingkat. Buatlah potongan kardus berbentuk L panjang yang akan di gunakan untuk memperkuat dudukan pada setiap rak susunya dan rekatkan dengan lem fox atau lem uhu.

Setelah rak susun selesai buatlah daun pintu dengan melubangi sisi depan kardus, berikan handle atau pegangan dengan menggunakan pipa paralon kecil atau anda juga bisa membuatnya dari sisa potongan kardus bekas.

Kemudian untuk pintu bagian kedua , buatlah sekat pemisah dengan ukuran panjang sebelah kiri lebih kecil dari sebelah kanan, yang pada kulkas aslinya biasa di gunakan untuk membuat es batu. Dan buatlah pintu dengan melubangi sisi depan kardus.

Jika bagian pintu pertama dan pintu kedua selesai, proses selanjutnya adalah menggabungkan keduanya. Posisi pintu boleh di acak sesuai keinginan anda.

Membuat Panci dan Penggorengan dari Kardus Bekas

Setelah membuat kulkas, sepertinya masih ada beberapa perabotan dapur yang belum di buat…kira-kira apa ya..Yups betul kita belum membuat media untuk memasaknya seperti panci, penggorengan, talenan dan pisaunya..



Prosesnya cukup mudah untuk membuat penggorengan model Teflon dan panci, buatlah pola pada kardus bekas berbentuk lingkaran, kemudian potong kardus berbentuk persegi panjang menjadi beberapa bagian dan lipat pada sisi-sisi penggoranganya. Bisa anda lihat pada gambar untuk hasilnya.
Proses pembuatan panci tidak jauh berbeda dengan membuat penggorengan Teflon, hanya saja sisi dari panci lebih tinggi dari penggoran. Sebagai pemanis panci buatlah juga tutup pancinya.



Untuk membuat pisau lebih mudah lagi hanya potong pola sesuai dengan bentuk pisau lalu warnai gagang pisaunya. Tidak lupa buat juga talenanya sebagai media untuk mengiris sayuran.

Nah selesai deh kita membuat Kompor, wastafel, microwave dan kulkas sebagai perlengkapan dapur dengan memanfaatkan kardus bekas. Pastinya hasil pembuatan bersama anak-anak akan lebih berkesan dan menyenangkan anak-anak anda bisa lebih betah bermain di rumah dengan begitu bisa mengurangi kebiasaan anda mengajak anak pergi ke mall dan ke playground. Tetap semangat dan selamat mencoba ya.

  1. Untuk membuat judul komentar, gunakan <i rel="h2">Judul Komentar</i>
  2. Untuk membuat kotak catatan, <i rel="quote">catatan</i>
  3. Untuk membuat teks stabilo, <i rel="mark">mark</i>
  4. Untuk membuat teks mono, <i rel="kbd">kbd</i>
  5. Untuk membuat kode singkat, <i rel="code">shorcode</i>
  6. Untuk membuat kode panjang, <i rel="pre"><i rel="code">potongan kode</i></i>
  7. Untuk membuat teks tebal, <strong>tebal</strong> atau <b>tebal</b>
  8. Untuk membuat teks miring, <em>miring</em> atau <i>miring</i>
(Contoh) Slot Iklan
(Contoh) Slot Iklan
(Contoh) Slot Iklan
(Contoh) Slot Iklan
(Contoh) Slot Iklan
(Contoh) Slot Iklan