17+ Cara Membuat Lampu Hias Dari Kardus

Disini kita akan mencoba memanfaatkan kardus-kardus bekas yang ada di rumah, baik kardus elektronik atau kardus dari barang lainnya untuk di ubah menjadi lampu hias unik yang mempunyai kapasitas cahaya yang rendah (cahaya yang redup ).

Tahukah anda mengapa tidur dengan lampu yang redup baik untuk kesehatan, tapi selain kesehatan tidur dengan lampu ber watt kecil dengan pencahayaan tidak terang bisa membantu kita untuk menghemat listrik.




Untuk lebih jelasnya mari simak penjelasan dari ahli kesehatan tentang tidur menggunakan lampu cahaya redup Berikut manfaat tidur dengan cahaya yang redup menurut para pakar :

Studi kami menunjukkan bahwa paparan terhadap cahaya di dalam ruangan memiliki pengaruh buruk terhadap hormon melatonin ujar penulis studi, Joshua Gooley. PhD. Dari Brigham and Women’s Horpital dan Harvard Medical School di Boston.

Tim Harvard ini juga mengatakan bahwa meredupkan lampu pada malam hari dan tidur dalam keadaan gelap mampu mengurangi insomnia, menjaga tekanan darah menjadi normal, dan menurunkan peluang diabetes. Dalam berbagai penelitian, melatonin selama ini diketahui mempunyai peran dalam mengatasi kualitas tidur yang buruk, hipertensi, bahkan kanker.

Kadar melatonin dalam tubuh ternyata langsung dipengaruhi oleh cahaya. Bila lampu yang kita nyalakan terlalu terang, kualitas tidur dan kemampuan tubuh untuk mengatur suhu tubuh, tekanan, tekanan darah, dan kadar glukosa jadi terpengaruh. Untuk menjaga kadar melatonin tetap pada level yang sehat, kita disarankan untuk menggunakan lampu yang redup pada sore dan malam hari.
Itulah beberapa manfaat kita tidur dengan cahaya yang redup. Oke kita langsung aja yuk buat lampu tidurnya…


Cara Membuat Lampu Hias Gambar Kucing Dari Kardus


Setelah kita tahu manfaat tidur dengan lampu yang minim cahaya, sudah waktunya kita mencoba membuat lampu hiasnya dari bahan kardus bekas. Ada pertanyaan kenapa tidak beli saja mudah dan cepat..tapi dengan membeli kita harus merogoh kocek bukan…kemudian pertanyaan di balik kenapa tidak di coba untuk buat sendiri saja..kalau bisa buat sendiri buat apa beli hehehe.. Bahan dan alat yang di butuhkan pun cukup mudah dan murah. Dengan membuat sendiri kita bisa memanfaatkan kardus bekas dan menghemat pengeluaran.

Lalu apa saja bahan dan alat yang diperlukan :


  • Kardus bekas, Disini saya menggunakan kardus bekas yang berbahan corrugated E-flute ( bahan kemasan yang tipis ).
  • Lem double tape Saya menggunakan doble tape ukuran ½ cm.
  • Lem uhu atau bisa juga lem fox untuk lem kertas.
  • Gunting pastikan gunting yang akan di gunakan tajam agar hasil potonganya cepat dan rapih.
  • Cutter fungsinya hampir sama dengan gunting hanya di beberapa bagian peran cutter lebih cepat dan di butuhkan.
  • Penggaris, Gunakan pengaris panjang dari bahan plastic ataupun besi.
  • Obeng gunakanlah obeng kembang atau plus.
  • Kayu, Jika ada gunakan kayu jati belanda karena teksturenya lebih bagus.
  • Bohlam lampu Usahan menggunakan bohlam lampu LED agar tidak panas dan memiliki watt yang rendah sehingga membantu menghemat listrik.
  • Fitting lampu.
  • Kabel.



Jika alat dan bahan sudah lengkap kita lanjutkan ke cara membuat :

Langkah pertama buatlah pola seperti pada gambar di bawah ini dan ikuti ukurannya
Kamu bisa bebas memasukan gambar pada sisi kardusnya, jika sulit bisa juga anda membuat lubang biasa saja sesuai keinginan bisa berbentuk bulat, kotak ataupun segitiga. Disni saya memberikan gambar kucing di dalamnya agar lebih menarik. Setelah mencetak bentuk kucing selanjutnya anda gunting sesuai pola kemudian tempel pola tadi ke sisi kardus lalu cetaklah ke bahan kardus yang telah kita siapkan dan potong mengikuti pola.




Langkah kedua setelah cetakan selesai dilubangi pada kardus kemudian berilah kertas putih atau bisa juga kertas roti di bagian dalam kardus, tujuanya adalah mengurangi intensitas cahaya yang di keluarkan oleh lampu LED

Langkah ketiga Setelah gambar dilapisi dengan kertas putih atau kertas roti gunakanlah double tape pada setiap sisinya dan rekatkan.



Langkah ke empat, Jika kardus bekasnya sudah selesai di lubang sesuai dengan cetakan anda bisa menyimpanya dahulu, karena proses selanjtnya kita buat alasnya atau media lampu hias dengan kayu, kita potong menjadi ukuran 15 x 10 cm. Tambahkan kayu kecil untuk kakinya disebelah kiri dan kanan. Dan jangan lupa menambahkan lubang kecil di tengah untuk memasukkan kabel.



Langkah ke lima Pasang Fitting pas di tengah kayu kemudian beri mur untuk menguatkannya. Anda bisa menggunakan fitting yang sudah memiliki stop kontaknya atau jika tidak ada anda harus mencolokanya ke saklar terdekar




Langkah ke enam Kemudian pasang bohlam lampu yang sudah kita siapkan ke fitting. Setelah lampu terpasang saat nya anda memasukan kardus yang telah kita potong ke media kayu yang sudah di berikan lampu LED



Nah jadi deh lampu hias mudah dan murah dari bahan kardus bekas. Bisa anda gunakan sendiri ataupun anda jual.

Sumber : puteriputeri

Jika cara ini atau model lampu hias nya masih kurang menarik untuk anda jadikan referensi..Di bawah ini akan kami tampilkan beberapa contoh dan model lampu hias dari kardus bekas yang mungkin bisa anda amati tiru dan modifikasi.

Cara Membuat Lampu Hias Bertingkat

Setelah di atas kita sudah berhasil membuat lampu hias dengan cetakan berbentuk kucing atau bentuk lainya, kali ini kita akan ,mencoba membuat lampu hias bertingkat dengan bentuk segi lima.

Apasaja bahan dan alat yang perlu di siapkan untuk membuatnya :

Kardus bekas, Pilihlah kardus bekas yang kuat
Lem, Bisa lem tembak atau lem kertas seperti lem fox atau uhu
Lampu, Gunakan lampu LED untuk menghemat listrik
Fitting, Atau di sebut dudukan lampu
Penggaris
Pensil atau pulpen
Gunting dan Cutter, gunakan yang tajam untuk hasil potong yang cepat dan rapih.
Kertas HVS



Jika bahan dan alat sudah selesai di siapkan, kita akan lanjut ke cara pembuatanya

Langkah awal ialah memotong kardus. Kardus yang telah disediakan tadi dipotong dengan ukuran panjang 60cm serta lebar 21cm. Atau dapat di sesuaikan dengan keinginan anda. 

Langkah berikut  ialah melapisi bagian dalam kardus dengan kertas putih, bisa juga anda gunakan kertas HVS yang biasa di gunakan di rumah. Tujuan melapisi dengan kertas putih adalah agar nanti dapat memberikan intensitas cahaya yang lebih terang. 

Langkah ketiga ialah melipat kardus menjadi bentuk segilima. Ingat, bagian dalam kardus berwarna putih serta bagian luarnya warna kardus asli. 
Sesudah kardus di lipat, potong-potong kardus yang sudah berbentuk segilima itu menjadi beberapa potongan atau di sesuaikan dengan keinginan. Langkah mudah memotongnya yaitu dengan membentangkan kembali kardus itu, lantas dipotong tanpa terputus agar mudah di bengkokan. Sesudah dipotong, lipat kembali kardus yang telah dipotong itu jadi segilima. Pakai lem supaya lipatan kardus tidak balik lagi. 

Susun kembali potongan kardus segi lima itu dengan cara bersimpangan dari satu kardus ke kardus yang lain. gunakanlah lem supaya merekat dengan kuat. (lihat gambar) 

Tahap selanjutnya ialah membuat lembaran kardus berbentuk segi lima. Lembaran segi lima ini nantinya akan di gunakan sebagai tempat mengikat fitting lampu 



Tempelkan lembaran kardus untuk tempat fitting lampu tadi ke potongan kardus segi lima yang sudah anda buat sebelumnya. dan jadi deh lampu hias gantung berbentuk segi lima

Masih kurang dengan referensi lampu hias kardus bekasnya, yuk simak beberapa contohnya di bawah ini :

Dengan menggunakan kardus dan di potong menjadi beberapa bagian, anda bisa loh membuat lampu hias yang unik seperti di bawah ini

Lampu Hias Gantung Dari Kardus


Lampu Hias Gantung dari Kardus Bekas

 Belum punya lampu belajar, eits tunggu dulu jangan buru-buru untuk membelinya. Mungkin gambar di bawah ini bisa anda jadikan referensi untuk mencoba membuatnya sendiri. Bentuknya pun cukup keren tidak kalah dengan lampu belajar yang ada di toko.

Lampu Belajar Dari Kardus

Lampu Belajar Dari kardus
 Bentuk lain dari lampu belajar yang tidak kalah keren ada pada gambar di bawah ini juga bisa anda jadikan referensi.
Lampu Belajar Unik Dari kardus

Lampu Hias Sederhana Dari Kardus


 Nah model lampu hias ini sepertinya cukup mudah untuk di coba, karena bentuknya cukup sederhana tapi tetap unik. cocok untuk di gantung di kamar atau ruang tamu
Lampu Hias Dari Kardus

Lampu Hias Kardus Tisu Gulung


 Maanfaatkan kardus bekas gulungan tisu untuk membuat lampu hias seperti di bawah ini
Lampu Hias Unik Dari Kardus

Lampu Tempel Dinding Dari Kardus


Ada juga loh lampu hias yang di tempel di dinding dengan bentuk bulat seperti polkadot lucu.
Lampu Hias Dinding Dari Kardus

Bagaimana sudah cukup kan referensi lampu hias dari kardus bekasnya. Sekarang saatnya anda pilih bentuk mana yang paling mudah dan menarik untuk anda coba ya. 

0 Response to "17+ Cara Membuat Lampu Hias Dari Kardus"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel