11+ Cara Mudah Membuat Amplop Dari Bahan Bekas

11+ Cara Mudah Membuat Amplop Dari Bahan Bekas
Daftar Isi Artikel
Amplop itu di ibaratkan seperti barang ghaib tapi tidak memiliki kesaktian seperti barang pusaka hehehe...Saat kita punya 1 dus amplop, eh tidak ada kepentingan buat di pakai. Buat bayar kost tidak untuk toh Ibu kos sudah nyuruh kirim lewat transfer. Buat ngirim surat ijin sakit, tidak dapat. Tubuh kembali sehat serta fit sekali. Ingin ngirim surat romantis? Tidak ada pacar atau gebetan? Ingin kondangan belumlah ada yang ngundang…lah kok bisa pas sekali ya.. Hehehehe. 

Tapi kadang amplop ini di butuhkan di saat tidak menduganya. Seringkali tidak ada saat di butuhkan tetapi jangan cemas! FYI saja nih, nyatanya amplop dapat kamu buat sendiri lho. Serta mudah sekali sebenernya. Yang kamu sediakan ialah kertas, gunting, lem, serta kemauan. Pada blog kali ini kami telah mempersiapkan beberapa contoh jenis dan cara membuat amplop yang dapat kamu buat sendiri dengan mudah dan cepat. Yuk kita berapa gampangnya ya... 


Amplop Dari Kertas Kado

Amplop yang di buat dari bahan dasar kertas kado. Hanya tinggal siapkan gunting, lipat, lem, daaan Jadi deh.. 
Kertas kado memiliki corak yang beragam sehingga jika di buat amplop hasilnya akan unik berbeda dengan amplop warung yang polosan..Sebenernya ingin membuat amplop sendiri itu mudah sekali. Seandainya kamu buang jauh-jauh rasa malas yang menerjang Hehehehe.



Untuk amplop ini, kita hanya butuh membuat polanya diatas kertas kado yang kamu temukan di kamarmu. Gunting sesuai dengan pola, lantas lipat. Sesudah lipat-melipat, kamu langsung bisa mengelemnya. Gampang sekali, kan, guys? Dibanding amplop warung yang polosan terus, mending bermotif dan memiliki beragam warna cantik Ya tidak? 

Amplop Liner

Agar si penerima surat akan makin sumringah, coba deh tambahin liner di amplopmu 
Jika cadangan amplop kamu masih ada, tetapi kamu tidak ingin memberi suatu yang polos-polos tanpa sentuhan unik. Kamu juga bisa lho memberi liner di amplopmu. Amplop yang kamu buat terlihat di buat dengan penuh perhatian, amplopmu akan tampak rapi serta terkesan memberikan sedikit surprise. Yang terima suratmu juga akan tersenyum karena bentuk amplopnya berbeda dan tentu membuatnya berkesan. 


Amplop Berbentuk Bulat

Gunakan mangkok untuk cetakannya. Berikan pita agar amplopmu terlihat beda 
Tidak mau amplop yang mainstream seperti yang di pakai banyak orang ? Mengapa tidak membuat sendiri saja pakai kertas yang kamu miliki? Ada tehnik yang cukup berbeda, lho. 



Sediakan 4 lingkaran yang telah dipotong dari kertasmu. Agar gak rempong dan ribet, kamu dapat menggunakan mangkok yang berada di dapur untuk membuat pola lingkaran ini. Sesudah itu, kamu tinggal gabungkan 4 sisi ini jadi satu, serta rekatkan keduanya dengan lem. Lipat pinggirannya sampai membuat persegi. 
Jangan lupa menambahkan pita agar amplop yang kamu buat berkesan lebih cantik.

Amplop Dari Peta Bekas

Punya atlas atau peta yang sudah tidak kamu gunakan lagi saat zaman sekolah dulu, kamu tentu pernah diminta guru untuk membawa atlas atau buku peta yang biasanya akan di gunakan untuk mata pelajaran geografi. Saat sudah selesai masa sekolah, atlas yang dulu kamu gunakan biasanya kamu apain? Dibanding tidak kepake dan di buang karena petanya pun sudah tidak update, mending atlasnya yang berisi peta-peta di dalamnya kamu buat sebagai amplop. Pola amplopnya bisa kamu tiru dari amplop biasa berbentuk persegi panjang.


Amplop Bentuk Hati

Membuat amplop berbentuk hati dengan penuh perasaan ini loh amplopnya.
Ada satu kreasi amplop unik nih yang terbuat dari kertas biasa. Yang membuat gak biasa ialah memiliki bentuk yang menyerupai hati. Serta yang lebih unik adalah, cara membuatnya melalui proses lipat-melipat, nyatanya dapat lho dirubah jadi amplop yang unyu. Tidak sabar untuk coba membuatnya terus mau di kasih gebetan ya…hehehe? 


Amplop Dari Alas Piring

Kertas Doily atau yang biasa jadi alas piring, dapat kamu rubah bentuknya menjadi amplop yang cukup unik loh.



Peralatan yang berada di meja makan terkadang di pandang remeh. Banyak lho nyatanya yang dapat digunakan buat kerajinan tangan yang kece serta memiliki nilai jual. Apakah kamu tau tentang kertas doily? Yes, kertas yang umumnya digunakan buat jadi alas piringmu saat makan. Dengan struktur yang mudah untuk dilipat serta motif yang classic dapat kamu ubah menjadi sebuah amplop unik. Ditambah lagi untuk kamu yang suka sekali sama barang yang berbau vintage, wah pas sekali nih.

Amplop Berwarna Hitam

Jika amplop yang sering kita gunakan adalah berwarna putih, Kamu harus coba membuat amplop  berwarna hitam yang juga ternyata bagus lho. Kamu juga bisa menambahkan tulisan dengan spidol putih untuk menimbulkan kesan sebuah papan tulis mini.



Kesan-kesan classic serta nostalgia dari menulis di blackboard dapat kamu bawa juga sebagai tema di amplopmu. Sesudah kamu melipat-lipat kertas menjadi amplop, kamu hanya butuh memperoleh kertas berwarna hitam. Sesudah itu, tonjolkan kesan-kesan blackboard itu dengan menulis memakai spidol warna putih yang dapat kamu temukan di toko alat tulis deket rumah. Nah hasilnya tidak kalah bagus, kan, guys. 

Amplop Dari Buku Bekas

Manfaatkan Buku bekas yang sudah tidak terpakai.
Menjadi salah satu insan yang hidup dalam dunia yang semakin kreatif, kamu juga haru dapat manfaatkan beberapa barang tidak terpakai yang berada di sekitarmu menjadi barang yang bermanfaat. Tidak hanya untuk ngirit, kreatifitasmu akan semakin oke jika bisa memanfaatkan barang bekas di sekitarmu. 



Membuat amplop dari buku bekas tidaklah sulit lho, guys. Dengan motif tulisan-tulisan akan membuat amplopmu berbeda dibanding yang lainnya. Tambahan bagi beberapa penggemar beberapa hal vintage, kamu akan dibikin bahagia dengan kreasi amplop ini. Beberapa sampul buku juga memberikan corak dan gambar yang bagus sehingga juga bisa kamu manfaatkan.

Amplop Dari Kertas Sampul

Kamu pasti tau jenis kertas coklat yang biasanya kamu pakai untuk bungkus paket dan sampul buku, namun dengan kertas coklat ini bisa saja kamu buat menjadi amplop. 



Jika kamu ingin mengirim paket, umumnya banyak nih yang pakai kertas coklat untuk bungkusannya. Jika masih ada sisa dari bungkusan paket yang kamu buat, alangkah baiknya tetap di manfaatkan menjadi sebuah amplop yang bagus, lho. Kamu perlu mempersiapkan alat untuk melubangi kertas untuk memberikan lubang di tepiannya. Jika kamu kirim surat gunakan amplop ini, tentu pak Pos atau kurir pengirimnya tidak akan membiarkan kirimanmu ini lecek. 

Amplop Dari Kertas Lipat

Punya kertas lipatbekas? Pakai saja, dan disulap menjadi amplop lucu dengan origami ala jepang 
Apakah anda juga memiliki hobby berkreasi dengan origami? Wah, ini pantas untuk kamu coba nih. Jika kamu memiliki banyak stock kertas lipat, gunakan kertas berupa persegi ini menjadi amplopmu. Tidak butuh banyak lem untuk menyambung bagian-bagian tepiannya. Cukuplah kasih selotip dibagian depan untuk menyambung permukaan amplopnya. Taraaa! Jadi deh. Kertas lipat berbentuk amplop.


Amplop Dari Kalender Bekas

Assiiik sebentar lagi tahun baru nih…eits tapi tunggu dulu, biasanya ganti tahun kan ganti kalender…nah kalender lamanya mau kamu langsung buang saja atau mau kamu manfaatkan menjadi bentuk lain. Apalagi kalender yang sebentar lagi akan pensiun yang telah bertugas selama 1 tahun ini memiliki gambar yang bagus kayanya sayang kan kalau di buang begitu saja. Cara membuatnya sama dengan cara di atas..atau jika sulit kamu cukup mencontohnya dengan cara membongkar amplop yang kamu beli dari warung kemudian ikuti polanya.



Sebetulnya masih banyak kertas atau bahan lain yang bisa kamu kreasikan menjadi sebuah amplo yang unik dan menarik, hanya tinggal kamu asah kreatifitasmu akan terlahir sebuah amplop keren…yuk jangan malas memanfatkan barang bekas di sekitar kita.

  1. Untuk membuat judul komentar, gunakan <i rel="h2">Judul Komentar</i>
  2. Untuk membuat kotak catatan, <i rel="quote">catatan</i>
  3. Untuk membuat teks stabilo, <i rel="mark">mark</i>
  4. Untuk membuat teks mono, <i rel="kbd">kbd</i>
  5. Untuk membuat kode singkat, <i rel="code">shorcode</i>
  6. Untuk membuat kode panjang, <i rel="pre"><i rel="code">potongan kode</i></i>
  7. Untuk membuat teks tebal, <strong>tebal</strong> atau <b>tebal</b>
  8. Untuk membuat teks miring, <em>miring</em> atau <i>miring</i>
(Contoh) Slot Iklan
(Contoh) Slot Iklan
(Contoh) Slot Iklan
(Contoh) Slot Iklan
(Contoh) Slot Iklan
(Contoh) Slot Iklan