17+ Kreasi Kerajinan Tangan Kardus Bekas Sepatu

17+ Kreasi Kerajinan Tangan Kardus Bekas Sepatu
Daftar Isi Artikel
Kalau kamu seorang pecinta olahraga atau fashion, bisa dipastikan kamu punya banyak koleksi sepatu, betul? Nah, kebanyakan orang tidak akan membuang begitu saja kotak sepatunya dengan berbagai alasan.

Mayoritas orang berpikiran “dibuang sayang”. Bukan tanpa alasan sih, karena memang bahan kardus yang ada di kotak sepatu bukan sembarang kardus. Selain itu, biasanya tampilan dari kotak sepatu itu sendiri memang didesain dengan bagus, apalagi kalau sepatunya bermerk, sayang dong kalau dibuang begitu saja.

Namun sayangnya, setelah disimpan, kotak-kotak sepatu tadi juga tidak digunakan alias terbengkalai, bahkan cenderung hanya membuat tatanan barang di rumah terlihat sumpek, apalagi kalau dalam jumlah yang banyak. Hal ini tidak hanya terjadi pada wanita, tapi juga para pria pecinta olahraga dan pria pekerja kantoran yang suka koleksi sepatu formal.

Daripada tidak terpakai, kamu bisa memakai kotak sepatu yang ada di rumahmu untuk dimanfaatkan menjadi barang yang lebih  bermanfaat. Hanya dengan sedikit polesan, kotak-kotak sepatu di rumah akan berbalik 180 derajat, dari yang tidak ada gunanya dan juga menuh-menuhin tempat lebih baik di ubah menjadi barang cantik yang bisa memperindah dekorasi ruangan atau kamarmu.

Tempat Menyimpan Stop Kontak

Kabel-kabel charger yang ada di rumahmu terlihat berantakan dan bahkan kusut karena lilitanya kabel yang tidak di gulung akan tidak beraturan Coba manfaatkan kotak sepatumu sebagai wadah colokan listrik tempat kamu biasa charging. Sebetulnya fungsi bukan hanya untuk merapikan kabel charger hp, tapi lebih luas lagi, dengan memanfaatkan kotak sepatu ini kamu sekaligus membuat adik-adik bayi yang ada di rumah menjadi lebih aman dari kemungkinan-kemungkinan yang tidak diinginkan. Tidak sedikit lho, kasus bayi yang meninggal terkena sengatan listrik akibat menyentuh kabel charger hp yang masih menyala.



Cara membuatnya sebetulnya tidak begitu sulit, secara umum kamu hanya perlu membuat satu lubang untuk kabel dari roll listrik itu sendiri dan beberapa lubang untuk kabel charger, ini tergantung berapa jumlah colokan yang tersedia di terminal listrik itu. Kalau ingin terlihat agar lebih cantik lagi, kamu bisa menempelkan kertas kado sebagai sampul dari kotak sepatu tadi dan beberapa ring besi agar lubang di kardus terlihat lebih rapi.


Dekorasi Dinding

Kotak sepatu biasanya terbuat dari kardus yang cukup kuat dan tebal, karena memang barang yang dibawanya bukan barang biasa.



Kamu bisa memanfaatkan kotak sepatu yang tidak terpakai sebagai tempat barang-barang hiasan untuk ditaruh di dinding kamarmu. Selain hemat, kamu juga bisa mengurangi barang tak terpakai juga. Agar lebih indah, beri cover kotak sepatu dengan kertas kado warna-warni.

Kotak Kado

Kotak sepatu juga bisa digunakan sebagai tempat kado untuk di berikan ke orang yang spesial.
Dengan sedikit kreativitas pada sampulnya dan tambahan beberapa aksesoris, si do’i tidak akan sadar kalau barang yang digunakan sebagai tempat hadiah untuknya adalah barang bekas.


Tempat Penyimpanan Cincin dan Aksesoris Kecil

Kalau kamu mempunyai banyak cincin ataupun aksesoris seperti bros kalung dan lain sebagainya, kamu juga bisa memanfaatkan kotak sepatu tidak terpakaimu sebagai tempat penyimpanannya. Daripada memakai uangmu untuk membeli tempat penyimpanan yang mahal, lebih baik disimpan untuk tabungan.



Cara merubah kardus bekas sepatu, kamu perlu tambahan beberapa lembar kain wol yang digulung. Kain wol ini berfungsi sebagai penjepit cincin atau aksesoris yang ditaruh di dalam kotak. Setelah siap kain wolnya, tinggal ditaruh di kotak dengan bentuk meliuk-liuk seperti ular. Kalau bisa, kain wol yang digunakan warnanya sama semua agar lebih serasi. Kamu juga bisa menambahkan sampul dari kertas kado dan pengait sederhana dari tali agar tidak mudah dibuka.
Oh iya, tidak semua kotak sepatu bisa digunakan sebagai tempat penyimpanan aksesoris ya. Kotak sepatu yang bisa digunakan adalah kotak sepatu wanita dengan satu sisi yang melekat dari awalnya.

Tempat Menyimpan Alat Tulis

Kalau kamu seorang pengoleksi pulpen pensil dan alat tulis lainya, kotak sepatu bisa juga digunakan sebagai tempat untuk menyimpan barang koleksimu. Dengan tambahan gulungan tisu toilet yang disusun di dalamnya, kamu sudah bisa menaruh pulpen-pulpen tadi di dalamnya sesuai jenis pulpen masing-masing.



Kamu juga memanfaatkan kerajinan tangan kardus bekas ini sebagai tempat peralatan sekolah ataupun kantor.

Lukisan Dinding Sederhana


Kalau di atas tadi kamu bisa memakai bagian bawah untuk memakai beragam kreasi, kali ini kamu bisa memakai tutup kotaknya untuk kreasi yang tidak kalah keren. Kamu bisa memakai tutup kotak sepatu sebagai hiasan di dinding dengan sedikit ornamen lukisan.



Langkah pertama, kamu harus memberikan warna latar pada setiap tutup kotak. Setelah masing-masing tutup kotak sepatu sudah diberi warna latar belakang secara merata, baru kamu bisa tambahkan motif agar lebih indah. Kamu bisa menggunakan cetakan motif yang biasanya tersedia toko-toko kesenian atau iuga di toko buku. Setelah lukisan dari cat tadi selesai dikeringkan, tinggal pajang di tempat kesukaanmu

Rak Buku Minimalis


Apabila kamu seorang pecinta buku, jangan terburu-buru untuk membeli rak buku. Coba cek di rumahmu apakah ada kotak sepatu yang tidak terpakai, barangkali kamu mempunyai adik atau kakak yang menyukai olahraga.



Kotak-kotak sepatu olahraga cenderung memiliki postur yang lebih besar dari kotak sepatu wanita, sehingga kamu bisa memanfaatkannya sebagai wadah serbaguna. Langkah pembuatannya adalah berikut ini;


  1. Potong bagian tengah dari kotak sepatu dengan bentuk segitiga pada sisi yang berseberangan, lebih jelasnya lihat gambar pojok kiri atas.
  2. Lalu lipat ke arah bawah dan isolasi tepat di bagian tengah untuk merekatkan dua sisi yang terpisah tadi.
  3. Tambahkan 2 lembar kardus yang dengan ukuran panjang seperti sisi kotak sepatu guna menutup sisi yang masih terbuka. Isolasi juga untuk merekatkannya.
  4. Beri sampul pada kotak sepatu sesuai selera agar lebih enak dipandang.
  5. Susun buku-buku dengan rapi berdasarkan jenisnya.


Kardus Sepatu Sebagai Kotak Penyimpanan Kaus Kaki

Yang koleksi sepatunya banyak, pasti koleksi kaus kakinya lebih banyak lagi. Di antara teman-teman kamu, pasti ada kan orang yang tidak bisa lepas ari kaus kaki. Pokoknya begitu lepas sepatu, maka di dalam ruangan ia harus selalu memakai kaus kaki. Entah karena tidak tahan dengan suhu dingin lantai atau karena geli ketika telapak kakinya menginjak butiran-butiran debu di lantai. Ketika habis di pakai kaus kaki biasanya asal dilempar begitu saja di dalam kamar. Akibat penyimpanan yang sembarangan ini, kaus kaki rentan hilang, terselip, terpisah dengan pasangannya atau malah di makan tikus ketika baunya sudah terlalu parah.



Untuk mempermudah penyimpanan kaus kaki ini, kamu bisa memanfaatkan kardus bekas sepatu. Tentu saja sebelum bisa di pakai sebagai kotak penyimpanan kaus kaki, kamu perlu melakukan sedikit permak di sana-sini. Agar awet dan indah, kamu bisa membungkus kardus sepatu tersebut dengan kain flanel dengan motif cantik. Setelah terbungkus kain, kardus sepatu tersebut akan semakin awet dan terlihat rapi. Jika kaus kakimu disimpan di dalam kotak ini, maka tak ada lagi kaus kaki berserakan di dalam kamar. Selain kamarmu rapi, kaus kakimu pun mudah ditemukan.

Kardus Sepatu Sebagai Papan Tulis Kapur

Pernah lihat kan di cafe-cafe bertema vintage yang menu makanannya di tulis dengan kapur di papan tulis berwarna hitam? Ketika kamu makan atau minum di kafe seperti itu, rasanya syahdu dan penuh akan memori jaman lama. Apalagi kalau moment di kafe vintage tersebut kamu lewati bersama pasangan, aura romantisnya jadi lebih terasa. Namun kalau kamu jomblo mungkin memori yang bakal terkenang adalah saat-saat kamu dilempar penghapus kapur oleh guru SD mu yang killer. Apapun kenangannya Yang jelas papan tulis kapur berwarna hitam memang membawa suasana tersendiri.



Nah jika kamu ingin menghadirkan suasana beda dengan hadirnya papan tulis kapur hitam ini kamu tak perlu repot-repot membeli papan kayu yang harganya mahal. Cukup gunakan saja kardus sepatu bekas yang kamu miliki. Cara membuatnya mudah. Satukan beberapa lembar kardus sepatu yang kamu pakai sehingga memiliki ketebalan yang cukup. Setelah dirasa cukup kuat dan tebah, lapisi kardus sepatu tersebut dengan warna hitam. Tinggal memnyediakan kaput tulis maka ketika ingin meninggalkan pesan kepada anggota keluarga lain kamu bisa menuliskan pesanmu di papan tulis kapur dari kardus sepatu tersebut. Cukup sederhana bukan. dengan meninggalkan pesan di papan tulis, pasti kesannya beda dengan ketika kamu menyampaikan pesan lewat sms atau media elektronik lain. suasana kedekatan akan muncul dari cara menyampaikan pesan yang jadul tersebut.

Sebetulnya, masih banyak lo barang kerajinan DIY yang bisa kamu buat sendiri dari kardus sepatu bekas ini. tinggal sesuaikan dengan kebutuhanmu, pasti ide pemanfaatan kardus sepatu akan muncul dengan sendirinya. Dengan memakai ulang kardus sepatu tersebut, kamu sudah mengurangi jumlah sampah di dunia dan ikut menjaga bumi agar lebih ramah lingkungan. Selamat mencoba.

Tempat Menyimpan Alat Make Up

 punya tumpukan kardus bekas sepatu yang sudah tidak terpakai? Daripada dibuang sia-sia, lebih baik digunakan untuk membuat kreasi kreatif dari kardus bekas. Rooang akan memberikan tutorial membuat rak cantik dari kardus bekas sepatu lho.



Bahan-bahan yang perlu disiapkan juga gampang banget.
Kardus sepatu (ukurannya sama ya)
Kertas aneka warna (pakai kertas kado juga bisa)
Gunting


Tempat Menyimpan Sepatu

Karena kardus sepatu ini fungsinya memang untuk menyimpan sepatu, maka kita kembali kan fungsinya sebagai mana mestinya, hanya saja kita akan ubah tampilan dan posisi penempatan sepatunya. Gunakan kertas pelapis bisa kaertas kado atau kertas sampul untuk menghias kardus sepatu bekas anda. Buatlah seperti pada gambar di bawah ini


Diorama Lego

Jika anak anda perempuan dan suka bermain lego ada baiknya anda membuat miniature rumah-rumahan dari kardus bekas sepatu ini. Caranya dengan membuat pintu dan jendela pada sisi-sisi kotak sepatu dan memberikan sedikit aksesoris di dalamnya, seperti terlihat pada diorama miniature lego di bawah ini.


Membuat Diorama Tempat Parkir

Untuk anak laki tidak usah khawatir tetap bisa kok memanfaatkan kardus bekas sepatunya dengan cara merubahnya menjadi sebuah diorama lokasi parkiran mobil. Seperti pada contoh di bawah ini. Cukup sederhana dan bisa langsung anda coba membuatnya.


Membuat Tempat Tissue

Yang juga cukup mudah bisa anda coba adalah membuat tempat tissue. Hanya cukup ,membungkusnya dengan kertas tissue anda sudah bisa merubah kotak sepatu yang biasa saja menjadi sebuat kotak tissue yang menarik.


Media Mainan Anak

Membuat mainan anak yang lucu dengan memanfaatkan Kotak sepatu, Anda bisa mencoba membuatnya seperti pada gambar di bawah ini.


Kotak Hiasan Mainan

Model lain yang bisa di kreasikan dari kardus sepatu adalah membuat sebuah keadan dengan memanfaatkan boneka dan lingkungan seperti pada gambar di bawah ini


Kotak Penyimpan Stop Kontak 


Bagaimana dengen referensi di atas tentang kerajianan tangan dari kardus bekas sepatu, piliahan yang mana yang akan anda coba buat.

  1. Untuk membuat judul komentar, gunakan <i rel="h2">Judul Komentar</i>
  2. Untuk membuat kotak catatan, <i rel="quote">catatan</i>
  3. Untuk membuat teks stabilo, <i rel="mark">mark</i>
  4. Untuk membuat teks mono, <i rel="kbd">kbd</i>
  5. Untuk membuat kode singkat, <i rel="code">shorcode</i>
  6. Untuk membuat kode panjang, <i rel="pre"><i rel="code">potongan kode</i></i>
  7. Untuk membuat teks tebal, <strong>tebal</strong> atau <b>tebal</b>
  8. Untuk membuat teks miring, <em>miring</em> atau <i>miring</i>
(Contoh) Slot Iklan